Minggu, 25 September 2011

pengamatan struktur tumbuhan

Monokotil

Akar monokotil disusun oleh epidermis, parenkim berupa korteks, endodermis, jaringan pengangkut (xylem dan floem), empulur. Xylem dan floem selang-seling (radial).
Batang

Penyusu batang monokotil berupa epidermis, korteks, jaringan pengangkut, disisi luar jaringan pengagkut terdapat serudang empulur , tipe berkas pembukluh kolateral tertutup. Karena tidak ada kambium.
Daun

Penyusun daun monokotil berupa epidermis atas, jaringan pengangkut (xylem dan floem), jaringan bunga karang, pada daun tidak mempunyai korteks digantikan oleh jaringan palisade, namun pada daun monokotil tidak terdapat palisade.



Dikotil

Akar dikotil disusun oleh epidermis, parenkim berupa korteks yang terletak didalam epidermis, jaringan pengangkut(floem dan xylem, empulur. Tipe berkas pengangkut yaitu lateral (xylem dikelilingi oleh floem). Xylem mempunyai bentuk karena adanya penonjolan-penonjolan dari daerah pusat kearah perisikel.
Batang

Penyusun batang dikotil berupa epidermis, korteks, jaringan pengangkut (xylem dan floem),kambium, empulur. Tipe berkas pembuluh kolateral terbuka karena antara floem dan xylem terdapat kambium.
Daun
 
Penyusun daun dikotil berupa epidermis atas, jaringan pengangkut (xylem dan floem), jaringan bunga karang,jaringan palisade pada daun tidak mempunyai korteks digantikan oleh jaringan palisade.




F. Simpulan
Pembeda
Tumbuhan monokotil
Tumbuhan dikotil
1. Jaringan Pengangkut
Floem dan xylem selang-seling (radial)
Xilem dikelilingi floem
2. Empulur
Tidak terdapat empulur
Terdapat empulur
3. Kambium
Tidak terdapat kambium
Terdapat kambium
4. Xilem
Tidak berbentuk
Tampak seperti bintang
5. Sarung/Seludang
Berkas pengangkut diselimuti seludang/sarung
Berkas pengangkut tidak diselimuti seludang/sarung
6. Jaringan Palisade
Tidak berkembang
Jaringan palisade berkembang

Dari data-data yang diperoleh dari pengamatan dapat disimpulkan bahwa organ-organ penyusun tubuh tumbuhan (akar, batang,dan daun)tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil berbeda.

Tidak ada komentar: